Curhat Orang Tua Seorang Anak Penderita Gizi Buruk Saat Disambangi Sejumlah Wartawan Sula di Kamar Kosnya
L
Link Satu
-
Aug, 11 2023
Salsabila Saat Terbaring di Kamar Kos. Foto: Ilham.

SULA – Dari kejahuan dibalik sela-sela pagar terlihat dua wajah saling menatap satu sama lain, berdiri didepan kamar kos, menghindar dari cahaya matahari, itulah yang dilakukan Sahria Umasugi dan cucunya Salsabila Umanailo.

Wajah ibu Sahria itu terus memberikan senyum pada Salsabila yang terlihat kaku dalam buaiannya. Meski lahirnya terlihat bahagia, sesungguhnya Sahria banyak menyimpan kesedihan bagi cucunya yang diasuhnya selama satu tahun 7 bulan itu terkapar sakit (Gizi buruk).

Mengapa tidak, Salsabila Umanailo, cucu kesayangannya yang dilahirkan di Ternate pada 3 Januari tahun 2022 itu sudah menderita Gizi buruk selama 1 tahun 2 bulan, terhitung saat berusia 5 bulan.

Salsabila terkapar lantaran menderita sakit dan tak kunjung sembuh karena jauh dari perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula.

Siang itu tepatnya pukul 13:45 WIT, mentari cukup terlihat ganas menyinari bumi, sepertinya Salsabila yang tinggal kulit bungkus tulang itu gerah karena terkurung di dalam kamar kos berukuran 3×4 meter di desa Fogi, Kecamatan Sanana hingga neneknya harus menggendongnya keluar kosan.

Salsabila, balita asal desa Sanihaya, Kecamatan Mangoli Utara itu kini hanya bisa terbaring di kosan bersama pengasuhnya yang tak lain adalah nenek dan kakeknya sendiri, karena sudah tidak punya biaya yang cukup untuk mengobati Salsabila cucu kesayangan mereka.

Tepatnya di depan kamar kosan, pria berkaos singlet berwarna kuning itu terlihat duduk murung, entah apa yang dipikirkannya, sepertinya ia sedang menyimpan kesedihan dan memikirkan sesuatu.

Ia lantas tersontak kaget saat mengetahui ada yang menanyakan dirinya.

“Ibu, mana bapak..?,” tanya dua orang lelaki yang menggantungkan tanda pengenalnya di dada mereka, Jum’at (11/08/2023).

Karena sudah tau kapasitas kedua lelaki itu sebagai wartawan, pria itu langsung mendekat dan mempersilahkan masuk ke kamar kos yang mempunyai fasilitas seadanya saja.

“Silahkan masuk, mari duduk” pinta Halim Ipa, kakek Salsabila penderita gizi buruk itu.

Dua lelaki itupun masuk diikuti Sahria Umasugi sambil menggendong Salsabila, sambil duduk melantai di kamar kos kecil itu.

Dua wartawan itu kemudian memperkenalkan nama media serta identitasnya.

“Saya wartawan Media Malutpedia dan Linksatu, saya Zona 1,” sebut dua wartawan bergiliran.

Tak menunggu lama, melihat Salsabila penderita gizi buruk yang dibaringkan dihadapan wartawan itu, keduanya langsung menanyakan identitas belita malang itu, serta menanyakan soal sakit yang dideritanya.

Rupanya bukan hanya 2 wartawan saja yang menerima informasi atas kondisi Salsabila, Setelah 10 menit wartawan Malutpedia Linksatu dan Zona 1 lakukan wawancara, Ternyata wartawan malutpost, malut times, Poros Timur, Report Malut pun hadir dengan semangat yang sama, yaitu membantu Salsabila Umanailo untuk segera dapat perawatan medis.

Setelah melepas banyak pertanyaan, Halim Ipa, Kakek Salsabila pun bercerita, Cucunya sakit sudah lama, dan upaya yang dilakukan cukup banyak, mulai dari bolak balik puskesmas Falabisahaya dan juga ke dokter praktek namun tak juga ada perubahan.

Lebih naif lagi pihak puskesmas Falabisahaya, saat terakhir sebelum ke kota Sanana, Halim Ipa dan istrinya sempat membawa Salsabila Umanailo ke Puskesmas Falabisahaya yang ke sekian kalinya namun dokter di Puskesmas hanya mengecek kondisi tubuh Salsabila yang kaku dan kejang-kejang serta panas tinggi.

Sementara Halim Ipa dan istri sempat diam sejenak seakan tak ada jawaban dari apa yang dokter lakukan, karena tidak ada diagnosa dokter atas penyakit Salsabila cucu kesayangan mereka.

“Kami heran kenapa tak ada apa-apa yang dokter ceritakan terkait sakitnya Salsabila, malah malah langsung perintah rujuk, saya pun bingung,” kata Halim saat bercerita didepan sejumlah wartawan.

Dokter di Puskesmas Falabisahaya itu juga tidak melaporkan kondisi Salsabila, belita asal desa Saniahaya itu ke dinas kesehatan agar ada tindakan, justru dokter terkesan tidak peduli dengan derita Salsabila. Karena saat meminta rujuk, ia (dokter) dan pihak puskesmas tidak memberikan gambaran pelayanan kesehatan terhadap penderita gizi buruk.

Bersama Salsabila cucu tercinta, Halim dan Sahria langsung pulang ke desa Saniahaya dan memutuskan untuk datang ke ibu kota Kabupaten Kepulauan Sula untuk mencari jalan kesembuhan Salsabila.

Karena tak ada tempat tinggal, Halim dan keluarga terpaksa harus masuk Kosan.

“Saat ini kami hanya bagini saja di kos, bertahan dengan pertolongan apa adanya,” Kata Halim.

Wartawan yang sudah tau semua tentang kondisi Salsabila dan keluarganya, langsung menghubungi dinas Kesehatan dan pihak RSUD. Tak lama kemudian salah satu utusan dinas kesehatan Kepsul pun tiba di tempat dimana Salsabila tinggal.

Dari keterangan petugas Dinas Kesehatan, ia menjelaskan pihaknya sementara melaksanakan kegiatan cegah stunting, dan keadaan Salsabila tidak dilaporkan pihak puskesmas ke. dinas.

“Kami tak dapat Informasi oleh pihak Puskesmas Falabisahaya terkait Salsabila yang sakit Gizi Buruk, saya saja baru diperintah oleh Kadis, dan sebentar lagi tim kami akan ke sini ” Kata Rosdiana Umasugi kepada wartawan.

Akhirnya pihak Dinas Kesehatan langsung mengambil peran untuk perawatan Salsabila putri kecil yang malang itu, dan merawatnya di RSUD Sanana tanpa biaya.

Pewarta: Ilham Usia

Redaktur: TIM

© 2023 Linksatu | All rights reserverd.